//]]>

Senin, 05 November 2012

HERBAL : DAUN JATI CHINA BERKHASIAT MENURUNKAN BERAT BADAN

LUVI HERBAL - Tumbuhan Jati Cina adalah  tanaman yang berbunga  masih kerabat Fabaceae, subfamili Caesalpinioideae, yaitu tanaman Senna yang dalam bahasa Arab di sebut sana atau juga biasa dikenali sennas. Jati Cina sangat Beragam genusnya dan Jumlah spesies tumbuhan ini  diperkirakan sekitar 260 spesies, ada juga yang berpendapat sebanyak 350 spesies. namun sejauh ini Jati Cina atau Senna Ada sekitar 50 spesies yang dikenal  untuk dibudidayakan.

Daun Senna (Herbal daun jati cina) adalah jenis tumbuhan semak, herbal ini oleh orang-orang arab kuno banyak dimanfaatkan sebagai obat pencahar atau obat pencuci perut. herbal senna atau jati cina memeiliki sebutan ilmiah Cassia angustifolia. Pada awal abad 9 ,  daun jati cina mulai di kenal hingga benua afrika berkat ahli herbal Arab yang memanfaatkan senna sebagai obat pencahar ( laxative ) .

Tumbuhan Jati Cina mampu tumbuh hingga mencapai ketiggian 3 meter karena herbal ini tanaman semak dan Jati Cina memiliki tangkai berwarna hijau, dan memiliki tekstur daun yang halus dengan warna hijau kelabu, bentuk daun jati cina adalah lonjong. Herbal Senna ini sangat banyak tumbuh atau di jumpai di daerah tropis seperti Afrika Utara ( mesir dan sekitarnya), Pakistan, dan India. herbal dauan jati cina ini memiliki efek diuretik dan pencahar.

Pemanfaatan dari tumbuhan herbal senna atau Jati cina sampai saat ini masih sebatas daun yang digunakan sebagai obat-obatan. biasanya daun jati cina dikonsumsi sebagai minuman teh, selain sebagai obat pencahar daun jati cina diketahui memiliki khasiat menurukan kadar kolesterol jahat LDL, membersihkan racun dalam tubuh, juga sebagai penurun berat badan ini karena Daun jati cina memiliki efek diuretik dan pencahar. Jadi, daun senna patut di pertimbangkan sebagai alternatif menurunkan berat badan.

Kandungan Obat Dalam Herbal Daun Jati cina

Daun jati cina memiliki kandungan Tanin, yang mana tanin sangat bermanfaat sebagai zat yang mampu menyerap lemak. tanin sangat dikenali sebagai zat yang mampu menurunkan kadar koleseterol jahat LDL, ini artinya daun jati cina bisa di di manfaatkan sebagai obat alternatif menurunkan tekanan darah tinggi.

Manfaat Herbal Daun Jati Cina Untuk Kesehatan

Herbal Daun Jati Cina Mengurangi kadar kolesterol jahat LDL, Jika anda mengkonsumsi makan yang kaya karbohidrat , kolesterol tinggi minum teh Daun Jati Cina ini sangat memberikan efek baik bagi kesehatan.

Daun Jati Cina sebagai pembersihan  usus, Sehingga penumpukan kotoran pada usus atau racun dalam usus yang sudah lama dan melekat, juga yang menghambat proses penyerapan untuk tubuh akan dibuang dari tubuh anda.

Herbal Daun Jati Cina ini sangat cocok juga untuk mengatasi masalah berat badan pria dan wanita. dikarenakan kandungan Tanin dalam daun jati cina, sehingga sangat cocok untuk menurunkan berat badan , karena Tanin dapat menyerap lemak atau karbohidrat.

Cara Penggunaan herbal Daun Jati Cina 

Dikarenakan kandungan tanin yang tinggi dalam daun jati cina, biasanya penggunaan herbal ini secara umum sebagai minuman teh, atau ada juga yang dijadikan ekstrak dan di bungkus menggunakan cangkang kapsul. Jika anda memanfaatkan sebagai minuman teh, Daun jati cina kering perlu diseduh dengan air panas. Tutup dan biarkan meresap selama 15 menit. Kental atau tidaknya teh herbal Daun Jati Cina yang anda inginkan tergantung banyaknya daun yang diseduh.

Dosis Penggunaan herbal Daun Jati Cina 

Dosis 1-2 gr herbal Daun Jati Cina kering dilarutkan dalam 150 ml air panas, Untuk konstipasi diminum saat malam hari menjelang tidur atau pagi hari. Dosis harian rata-rata untuk laksatif 10-30 mg .

Kontra indikasi herbal Daun Jati Cina 

Meskipun herbal, Pemakaian berlebihan daun jati cina bisa menimbulkan masalah, jadi perlu perhatian khusus terutama pada penderita yang memiliki gangguan jantung dan ginjal. karena herbal Daun Jati Cina memiliki efek diuretik dan pencahar, pemakaian berlebihan dapat menyebabkan dehidarasi akibat banyaknya elektolit yang hilang dari tubuh. jadi sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Demikian Bahasan "Herbal Daun Jati Cina  Turunkan Berat Badan?" semoga membawa manfaat dan pengetahuan untuk kita semua, jika ada yang kurang mohon koreksi.
Sumber :  http://tipsehatcantikalami.blogspot.com/2012/10/KandunganGiziTempe.html

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar